Rabu, 19 Oktober 2016

Persiapan Laktasi

Bismillah..

Semenjak dinyatakan hamil, saya memiliki keinginan kuat untu menyusui selama dua tahun. Alhamdulillah terpenuhi 23 bulan karena sudah ada adeknya di perut jadi asi-nya berhenti produksi meskipun terus disedot kakaknya.

Tidak sedikit orang yang asinya tidak lancar atau tidak keluar. Ilmu. Ilmu yang in syaa Allah akan mengantarkan setiap manusia untuk mencapai tujuannya. Saya ingin sesikit sharing tentang pengalaman laktasi saya yang Alhamdulillah lancar.

Persiapan pertama adalah mindset. Ga ada terlintas sesikitpun di pikiran saya untuk memberikan susu formula kepada anak saya, harus asi, asi, dan asi selama dua tahun. Saya rasa itu yang membuat tubuh saya patuh sama otak saya sehingga mereka berjibaku mempersiapkan dan terua memroduksi asi.

Kedua, rajin dan telaten memberaihkan payudara dan puting. Usia kandungan delapan bulan, bidan menyarankan saya untuk rutin membersihkan puting. Kenapa? Bayangkan, selama dua puluh tahun lebih putong kita tidak dibersihkan dengan baik dan sempurna. Kotoran itu bisa menghalangi saluran susu sehingga bisa jadi asi tidak keluar karna kotoran yang menyumbat. Bagaimana caranya?
Sediakan minyak zaitun atau baby oli lalu basahi ujung ujung ujung cutton bud. Bersihkan puting cukup seharti sekali karena kalau keseringan akan menyebabkan kontraksi.

Ketiga, ilmu tentang menyusui. Beberapa hal awal yang perlu diketahui adalah asi maksimal keluar dua hari setelah melahirkan, kemudian usahakan Inisiasi Menyusui Dini, pelajari posisi menyusui yang baik, dan masalah awal menyusui adalah putong yang lecet karna baru pertama dihisap bayi. Sakit memang. Tapai kalau kita sudah bertekad kuat, asi yang terbaik untuk si kecil, kota pasti kuat.

Tiga saja. Ga susah asal ada kemauan. Selanjutnya saya akan sharing masa awal menyusui.

Happy preparing, Bunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar